Indolucky7

Saat Warisan Luis Milla Dimaksimalkan Simon McMenemy

Stefano Lilipaly

Pelatih Indonesia, Simon McMenemy memunculkan beberapa kejutan kala ia menyusun skema timnas saat bersua Myanmar di Stadion Madalathiri, Mandalay, Senin (25/3/2019). Mulai dari skema 3-4-3 yang digunakan hingga menempatkan Stefano Lilipaly sebagai ujung tombak (meski tidak permanen).

Menempatkan Lilipaly sebagai striker memang bisa dimaklumi. Pasalnya, sebagai pemain yang lebih populer sebagai gelandang serang itu, ia terhitung sangat produktif.

Dari 22 pertandingannya bersama Bali United di Liga 1 2018, Lilipaly mampu mencetak 12 gol. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pemain tersubur di timnya dan tembus 15 teratas daftar top skor.

Kala bersua Myanmar, Simon mencoba menempatkan pemain berusia 29 tahun itu sebagai satu dari trisula timnas. Di pakem awal, Lilipaly menjadi striker tengah yang diapit oleh Riko Simanjuntak di sisi kanan dan Greg Nwokolo di sisi kiri.

Selama tampil dalam 46 menit, beberapa peluang matang mampu ia ciptakan. Seperti pada menit ke-20 dan 28′. Namun sayang, kiper Myanmar bisa menghalau sepakannya. Ibcbet Betrapid.

Meski tidak mencetak gol, kinerja pemain naturalisasi berdarah Belanda itu sebagai striker tengah sejatinya tidaklah buruk. Kembali menempatkan Lilipaly sebagai ujung tombak di laga berikutnya patut dicoba.

Sementara itu, sebenarnya menempatkan Lilipaly sebagai striker tengah bukanlah hal baru. Kala dirinya bermain di Asian Games 2018, pelatih Luis Milla juga sempat menempatkannya di posisi tersebut.

Momen itu terjadi kala Indonesia bertemu Palestina di Grup A (15/8/2019). Lilipaly bermain sebagai striker tunggal menggantikan peran Alberto Goncalves.

Tapi, peran tersebut tak dilakukannya dalam 90 menit. Pasalnya, ia kembali berperan sebagai gelandang setelah Milla memasukkan Ilham Udin.

Kala itu, Lilipaly mengaku kesulitan memainkan tugas barunya. “Bermain menjadi striker tunggal dan ada empat pemain di belakang, saya masih merasa sulit. Apalagi lawan yang kami hadapi juga sangat kuat,” ucapnya usai laga kala itu.

Incoming search terms:

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*